Teknik Digital - Zulkhaliza Dealita H



Teknik digital adalah hasil teknologi yang mengubah sinyal menjadi kombinasi urutan bilangan yang mempunyani nilai 0 dan 1 (bilangan biner), yang terdapat dalam sebuah sistem elektronik  tertentu untuk proses informasi yang mudah, cepat, dan akurat. Melihat pentingnya teknik digital dalam kehidupan modern maka buku ini hadir untuk membantu Anda dalam memahami ilmu teknik digital secara lebih detail.

Digital berasal dari kata Digitus, dalam bahasa Yunani berarti jari jemari. Apabila kita hitung jari jemari orang dewasa, maka berjumlah sepuluh (10). Nilai sepuluh tersebut terdiri dari 2 radix, yaitu 1 dan 0, oleh karena itu Digital merupakan penggambaran dari suatu keadaan bilangan yang terdiri dari angka 0 dan 1 atau off dan on (bilangan biner). Semua sistem komputer menggunakan sistem digital sebagai basis datanya. Dapat disebut juga dengan istilah Bit (Binary Digit).

Digital merupakan sinyal data dalam bentuk pulsa yang dapat mengalami perubahan yang tiba-tiba dan mempunyai besaran 0 dan 1. Sinyal digital hanya memiliki dua keadaan, yaitu 0 dan 1, sehingga tidak mudah terpengaruh oleh derau, tetapi transmisi dengan sinyal digital hanya mencapai jarak jangkau pengiriman data yang relatif dekat. Biasanya sinyal ini juga dikenal dengan sinyal diskret. Sinyal yang mempunyai dua keadaan ini biasa disebut dengan bit. Bit merupakan istilah khas pada sinyal digital. Sebuah bit dapat berupa nol (0) atau satu (1). Kemungkinan nilai untuk sebuah bit adalah 2 buah (21). Kemungkinan nilai untuk 2 bit adalah sebanyak 4 (22), berupa 00, 01, 10, dan 11. Secara umum, jumlah kemungkinan nilai yang terbentuk oleh kombinasi n bit adalah sebesar 2n buah.

Teknologi digital memiliki beberapa keistimewaan unik yaitu:

1.      Mampu mengirimkan informasi dengan kecepatan cahaya yang mengakibatkan informasi dapat dikirim dengan kecepatan tinggi.

2.      Penggunaan yang berulang-ulang terhadap informasi tidak mempengaruhi kualitas dan kuantitas informasi itu sendiri.

3.      Informasi dapat dengan mudah diproses dan dimodifikasi ke dalam berbagai bentuk

4.      Dapat memproses informasi dalam jumlah yang sangat besar dan mengirimkannya secara interaktif.

 Contoh Sistem Digital:

1. Computer

2. Kamera Digital

3. Penunjuk Suhu Digital

4. Kalkulator Digital

5. Jam Digital

6. HP

7. Radio Digital

CONTOH APLIKASI SISTEM DIGITAL

Pengiraan (Computing)

Dua mesin pengiraan utama adalah komputer digital dan kalkulator. Secara ringkasnya,kalkulator menerima data dan arahan (instructions) dalam bentuk nombor. Untukmemudahkan pertukaran nombor kepada isyarat yang difahami oleh litar elektronik,maka sistem nombor yang digunakan adalah deretan biner (0 dan 1).Pada komputer, data berupa teks,suara,gambar,daan lainnya disimpan dalam deretan 0 dan 1 (biner).Pada sistem digital 0 dan 1 itu merupakan bahasa yang digunakan untuk mempermudah dalam betukar informasi antara si pemberi dan penerima informasi.

Komunikasi

Dalam bidang komunikasi, contoh penggunaan sistem digital seperti Litar elektronik dalam mesin faksimile, sistem radar dan antena,serta penggunaan satelit di angkasa lepas.

Kawalan Automasi

Dalam bidamg automasi,contoh penggunaan sistem digital seperti mesin dan robot dalam pembuatan sesuatu produk dan lif.

Pada saat ini semakin banyak penggunaan teknik analog dan digital dalam suatu system untuk memanfaatkan keunggulan masing- masing. Tahapan terpenting adalah menentukan bagian mana yang menggunakan teknik analog dan bagian mana yang menggunakan teknik digital. Dan dapat diramalkan di masa depan bahwa teknik digital akan menjadi lebih murah dan berkualitas.

Studi Kasus : Analisis Pengaruh Konten Pemasaran TikTok terhadap Niat Beli

Munculnya internet mengubah cara perusahaan merancang, menerapkan strategi bisnis, dan mengkomunikasikan program pemasaran mereka, terutama melalui media sosial. Salah satu industri yang cukup terdampak adalah industri kuliner. Pertumbuhan jumlah UMKM semakin berinovasi untuk meningkatkan keunggulan kompetitif bisnisnya. Contoh media sosial yang saat ini banyak digunakan di Indonesia untuk bisnis di bidang kuliner adalah TikTok.

Namun, seiring dengan pertumbuhan jumlah UMKM dan telah menambah kanal pemasarannya melalui digital, pelanggan akan dengan cepat berpindah merek. Jadi hal penting untuk mempertahankan keterlibatan konsumen adalah strategi pemasaran konten TikTok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konten pemasaraan Produk Makanan UMKM TikTok terhadap Keterlibatan Konsumen, Kepercayaan Merek dan pengaruh tidak langsung terhadap Niat Beli. Lima jenis konten paling banyak disukai oleh responden adalah Video ulasan produk, Video estetik, edukasi produk, Tik Tok Trend dan soft-selling. 

Tik Tok adalah sebuah aplikasi jejaring sosial dan platform video music dimana pengguna bisa membuat, mengedit, dan berbagi klip video pendek lengkap dengan filter dan disertai musik sebagai pendukung. adalah aplikasi yang mendapat banyak dukungan, penggemar dan pengguna yang besar, karena Tik Tok merupakan media yang tepat untuk membagikan konten video berdurasi pendek dengan kisaran waktu 15 detik – 3 menit.

Media sosial yang saat ini banyak digunakan untuk bisnis di bidang kuliner adalah TikTok yang memiliki fitur menarik. Dengan pesatnya perkembangan teknologi, kebiasaan konsumsi terus berubah dan terus ditingkatkan, preferensi pengguna dalam memilih jenis konten semakin beragam, tidak lagi hanya dalam bentuk teks dan gambar, tetapi video pendek juga semakin popular.

Masa depan pemasaran akan terus diwujudkan melalui saluran digital terutama melalui media sosial, maka konten digital merupakan strategi pemasaran yang efektif bagi perusahaan. Menurut content marketing dapat diartikan sebagai “memproduksi, mendistribusikan, dan berbagi informasi yang relevan dan menarik serta pada waktu atau momen yang tepat untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan dalam proses pertimbangan pembelian mereka, sehingga mendorong pertumbuhan bisnis ke arah yang positif. 

Content Marketing terbukti memiliki pengaruh yang positif terhadap Engagement. Merangsang minat konsumen adalah faktor kunci yang harus diperhatikan oleh UKM, salah satu strategi paling jitu adalah dengan melakukan pemasaran konten untuk menciptakan keterlibatan pelanggan untuk meningkatkan niat beli konsumen. 

Meningkatkan keterlibatan konsumen dengan strategi konten pemasaran TikTok adalah hal yang perlu dilakukan UMKM untuk meningkatkan keunggulan bersaing supaya mereka bisa survive di persaingan bisnis digital saat ini. Berdasarkan penelitian, konten pemasaran memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keterlibatan pelanggan, konten pemasaran memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepercayaan Merek, keterlibatan pelanggan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Niat Beli dan Kepercayaan Merek memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Niat Beli. Artinya, Semua hipotesis Diterima.

Kemudian nilai pengaruh tidak langsung terbesar dalam penelitian ini adalah Konten Pemasaran terhadap Niat beli Konsumen, dengan Kepercayaan merek sebagai variable mediasi. lima jenis konten paling banyak disebut oleh responden adalah Product Review, Aesthetic Video, Product Education, TikTok Trend and soft-selling. Dengan demikian, UMKM makanan dapat memfokuskan pembuatan konten dari kelima jenis konten tersebut, supaya konten sesuai dengan selera pasar aplikasi TikTok.

Daftar Pustaka

Pengertian Teknik Digital :
https://malang-mechatronics.blogspot.com/2015/12/teknik-digital-pengertian-digital.html
https://binus.ac.id/bandung/2019/12/teknologi-pada-teknik-digital/

Studi Kasus :
file:///C:/Users/PLN/Downloads/4376-Article%20Text-10905-1-10-20220819.pdf

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penjelasan materi Peta Karnaugh serta Maxterm dan Minterm

MULTIPLEXER DAN DEMULTIPLEXER